Jumat, 15 Mei 2009

Ayo Buat Proposal Hidup Kita

Beberapa hari yang lalu saya jalan-jalan ke toko buku Gramedia di Tanjung Karang. Saya membeli beberapa buah buku, salah satu nya buku yang berjudul "Tuhan, Inilah Proposal HidupKu" karangan Jamil Azzaini.

Dalam hidup ini kita harusnya menyusun dan membuat proposal hidup yang akan menuntun jalan hidup kita dan mengingatkan kita apabila kita melenceng atau tidak sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Untuk mengadakan acara yang hanya satu hari saja kita buat proposal atau perencanaan, masak sih untuk kehidupan kita yang tidak sebentar ini kita tidak membuat perencanaan.

Memang benar, semua kehidupan kita tuhan telah mengatur nya tapi setidak nya kita sudah membuat rencana yang baik.
Karena yang dinilai itu adalah proses nya tidak selalu hasil nya. Apabila hasilnya bagus tapi proses atau cara memperolehnya tidak benar pasti tidak akan mendapatkan nilai yang baik.

Seperti hal nya dalam mengerjakan soal matematika. Walaupun kita jawabannya benar tapi rumusnya atau cara mengerjakan nya salah pasti guru kita tidak akan memberi nilai 100, karena kemungkinan besar jawaban itu dari hasil mencontek atau mengarang.
Tapi jika kita sudah memakai rumus yang benar, cara kerja kita sudah benar atau hampir benar tapi jawaban kita salah, pasti guru kita memaklumi dan akan memberikan nilai 70 atau 80. Dan mungkin ada tambahan, "kamu harus belajar lagi dan sering berlatih". Tapi lebih bagus lagi jika rumusnya benar, cara kerja kita benar dan jawabanya benar sekali. Pasti kita akan mendapatkan nilai yang sangat memuaskan.
Jadi itulah alasannya mengapa kita harus membuat proposal hidup kita.

Bukunya kecil, tidak terlalu tebal tapi isinya sangat berguna dan bermanfaat bila kita aplikasikan dalam kehidupan kita. Desain covernya juga menarik. Sebuah buku semacam workbook. Kita tidak memperoleh manfaat bila hanya membaca tapi tidak mengaplikasikan nya.

Buku ini berisi tentang bagaimana dalam membuat sebuah proposal hidup. Kerjakan secara bertahap dan ikuti intruksi yang ada dibuku itu dengan baik dan jadikan sebagai bahan baku membuat proposal hidup anda.

Untuk lebih jelas tentang bagaimana menyusun proposal hidup atau panduan kita, bacalah buku itu dan ikuti petunjuknya. Bukunya tidak mahal kok, tapi bukan buku murahan loh..
Anda bisa mendapatkan buku tersebut di toko buku terdekat di kota anda. He.. He.. Kok malah jadi promosi ya...
Sebenarnya ada juga seminarnya dan saya ingin mengikutinya. Tapi kapan ya di Lampung ada seminarnya?

Setelah menyusun Proposal hidup kita, diskusikanlah dengan orang yang tepat. Saya juga sedang menyusun Proposal Hidupku nih.. Mana proposal hidup anda?
Semoga bermanfaat..

Teruslah BELAJAR dan Tetap SEMANGAT.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda