Kamis, 30 Juli 2009

Hasil bukanlah Tujuan, yang dinilai adalah Proses

Ada tiga orang pelajar disebuah kelas yang bernama tono, anto dan tini. Mereka diberi waktu 1 jam untuk mengerjakan soal fisika yang diberikan oleh gurunya.
Satu jam telah berlalu, waktu mengerjakan soal telah selesai dan guru memeriksa jawaban dari ketiga anak tersebut.
Tono mengerjakan soal dengan baik, dia menggunakan rumus yang telah diajarkan gurunya tetapi hasil jawabannya salah. Setelah diperiksa ternyata tono salah sewaktu mengalikan.
Jawaban si anto benar tapi rumus yang dipakai salah dan asal-asalan. Setelah diperiksa dan diselidiki (kayak detektif aja) ternyata anto mendapatkan hasil jawaban dari mencontek punya tini.
Tini mengerjakan dengan rumus yang diajarkan gurunya dan mendapatkan jawaban yang benar.

Dari ketiga anak tersebut manakah yang mendapatkan nilai baik?? Saya tidak akan memberikan penilaian karena saya bukanlah guru yang mengajarnya. Mungkin anda yang bisa menilainya.

Sekarang ini juga banyak sekali orang yang mendapatkan kekayaan, jabatan, pekerjaan, ketenaran dengan cara yang tidak benar. Mereka menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan nya.
Para pejabat kaya dari hasil korupsi, saling menjatuhkan, artis-artis orang yang mencari ketenaran bukan karena prestasi tapi karena bikin sensasi banyak digosipin. Ingin mendapatkan pekerjaan yang nyaman dengan gaji tinggi tapi nyuap dulu dengan uang puluhan juta bahkan ratusan juta. Apakah harus seperti ini untuk mendapatkan semua itu? TIDAK !!! Masih banyak cara lain yang lebih baik.

Seperti cerita diatas semua itu dinilai atau dilihat bukan dari hasil tapi dari proses. Proses bagaimana usaha untuk mendapatkan nya. Apakah dengan cara yang baik atau yang buruk.
Didalam kehidupan, kita melaksanakan proses untuk mencapai tujuan yang diinginkan sebaiknya membuat perencanaan yang baik agar kita mendapatkan hasil yang baik.

Untuk meraih kesuksesan kita harus melewati proses yang panjang dan penuh rintangan. Tidak ada yang instan atau shortcut. Jika kita menggunakan cara instan maka hasilnya instan juga, kesuksesannya tidak bertahan lama. Itu semua tergantung kita dan niat kita.
Semoga bermanfaat.

Teruslah BELAJAR dan Tetap SEMANGAT.....

Nur Setiawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda