Senin, 23 Maret 2009

Tips Memasarkan Produk dengan Praktis 2

Tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelum nya yaitu : Tips Memasarkan Produk dengan Praktis 1

Saya minta ma'af karena janji saya untuk melanjutkan tulisan tentang Tips Memasarkan Produk dengan Praktis 1 tidak segera diselesaikan. Dan baru sekarang saya akan melanjutkan dan membahas tentang tema tersebut yang sempat tertunda selama beberapa bulan.

Perlu diingatkan kembali bahwa untuk memasarkan produk dengan praktis ada beberapa langkah antara lain : Tetapkan calon pembeli, Buat calon pembeli benar-benar menjadi pembeli, Buat pembeli lebih sering membeli, Buat mereka membeli lebih banyak.
Pada tulisan sebelumnya di Tips Memasarkan Produk dengan Praktis 1 sudah dibahas tentang Tetapkan calon pembeli. Untuk sekarang ini saya akan membahas tentang Buat calon pembeli benar-benar menjadi pembeli dan Buat pembeli lebih sering membeli.

2. Buat calon pembeli benar-benar menjadi pembeli.
"The greatest money making secret in the history is giving", demikian kata salah seorang guru bisnis dunia. Untuk mendapatkan uang, cara paling mudah adalah memberi. Memberilah sesuatu ke orang lain maka anda akan mendapatkan sesuatu.
Banyak orang kebingungan mempromosikan produk atau jasanya. Apabila anda salah satu dari yang bingung mempromosikan produk atau jasa, ikutilah petuah memberi.

Sebagai gambaran, anda mau membuka jasa kursus privat bahasa inggris khusus anak-anak. Anda mau membuat brosur atau iklan tapi tidak punya uang. Sarannya berilah kursus gratis ke orang-orang sekitar anda. Anda bisa mengumumkan melalui forum pengajian, kelurahan RT atau RW. Katakan ini bulan promosi. Bulan pertama anda bisa beri gratis, bulan kedua sampai kelima diskon 50%, bulan selanjutnya diskon 25% dan seterusnya sampai tanpa diskon.
Contoh lain, anda membuka warung soto. Mulai promosi dengan memberi makanan ketarget pembeli. Jika berat,buat promosi "beli soto gratis teh manis". Atau variasi lain seperti voucher diskon atau yang lain terserah anda.

Dengan memberi sesuatu kepada calon pembeli, anda akan mendapatkan pembeli.

3. Buat pembeli lebih sering membeli.
Setelah berhasil menggaet pembeli, jadikan pembeli itu sebagai pelanggan.Jangan pernah kecewakan mereka, tanyakan respon tentang produk anda. Jangan takut mereka mengkritik produk anda. Karena dengan kritikan anda dapat melakukan perbaikan.
Ingatlah, semakin banyak pembeli semakin banyak komplain. Justru jika tidak ada komplain dikhawatirkan pembeli yang kecewa langsung pindah ketempat lain.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat pembeli menjadi pelanggan:
- Paket keanggotaan dengan diskon khusus.
- Minta masukan dan saran tentang pelayanan anda ke pembeli yang sudah berulang kali datang.
- Buat promosi bonus, misalnya "beli 10 gratis 1".
- Membuat garansi.
Untuk pembahasan yang lain akan dilanjutkan pada Tips Memasarkan Produk dengan Praktis 3.Tunggu kelanjutan nya.

Teruslah BELAJAR dan Tetap SEMANGAT.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda